Berita

Hasil Karya Berbasis Digital Warnai P5PPRA dan Penerimaan Laporan Pendidikan MAS. Muhammadiyah Kota Gorontalo

Selasa, 25 Juni 2024 21:39 WIB
  • Share this on:

KOTA GORONTALO - Pagelaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5-PPRA) yang dirangkaikan dengan Penerimaan Buku Laporan Pendidikan MAS Muhammadiyah Kota Gorontalo T.P. 2023/2024 terlaksana dengan penuh keakraban, di Halaman Madrasah, Senin (24/6/2024).

 

Turut hadir menyaksikan rangkaian kegiatan pagelaran Pengawas Bina Tingkat MA Kemenag Kota Gorontalo, Musta’in Yalli, para Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAS. Muhammadiyah Kota Gorontalo. Hadir pula Peserta Didik kelas X dan XI yang didampingi oleh Orang Tua/Wali masing-masing.

 

Musta’in Yalli, selaku Pengawas Bina MAS Muhammadiyah membuka rangkaian kegiatan ini sekaligus memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Musta'in menyebut bahwa, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila/P5 hanya dilakukan di sekolah umum yang mengikuti dinas pendidikan, sementara untuk P5P2RA dilaksanakan di madrasah dibawah naungan kementerian agama. 

 

"Semoga dengan adanya proyek ini mampu meningkatkan karakter, kemampuan pelajar dengan sikap dan perilaku beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif," tandasnya. 

 

Sitti Khasriani Selaku Kepala Madrasah mengatakan bahwa, P5-PPRA ke-3 kali ini mengusung tema “Kewirausahaan”, dan masing-masing kelompok Poster-Twibon, Video dan Minecraft mempresentasikan hasil karyanya saat Pagelaran berjalan dengan lancar. 

 

Pentas Gelar karya juga menampilkan hasil tarian khas Gorontalo, pameran produk-produk peserta didik kue kerawang, gantungan kunci, tahfidz dan syahril Qur’an.

 

"Alhamdulillah, setelah satu tahun anak-anak kita melalui beberapa proses kenaikan kelas, maka ada kategori peserta didik yang berproses dengan baik, dan ada pula yang termasuk kategori yang telah berproses dengan berbagai catatan," terang Sitti.

 

Sementara itu, Nurlaila Helingo, selaku Wakamad Bidang Kurikulum mengatakan bahwa, ketiga proyek di tahun ajaran ini mengambil tema "Kearifan Lokal, Bangunlah Jiwa Raganya dan Kewirausahaan,"  merupakan kegiatan positif yang dapat menguatkan nilai-nilai karakter seperti Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Gotong-royong, mandiri, kreatif, keteladanan, Tathawwur wa ibtikar (Dinamis dan Inovatif) dan I'tidal (Adil dan konsisten).

 

"Proyek ke-3 dengan tema “kewirausahaan” dilaksanakan pada tanggal 27 Mei – 7 Juni 2024 yang dimulai dengan observasi, pendalaman materi, perencanaan, merancang, pelaporan, dan presentasi pada saat Gelar karya yang dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2024," ungkapnya. 

 

Oleh karena itu, sambungnya ada suatu hikmah pihaknya mengundang para Orang Tua/Wali Peserta Didik untuk menyaksikan kegiatan tersebut. Dirinya turut mengajak kepada seluruh stakeholder terkait untuk dapat mendukung, memotivasi, serta mengapresiasi setiap capaian anak didik.
 

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Sitti Khasriani
Penulis:
Safely
Fotografer:
Erwin

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -