Berita

Kakankemenag Beri Materi Pada Bimtek Penyusunan Perangkat Pembelajaran pada Madrasah Al-Khairaat Kota Gorontalo

Selasa, 14 Pebruari 2023 14:44 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo (kemenag.go.id) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo, Misnawaty S. Nuna beri materi pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Perangkat Pembelajaran bagi Tenaga Pendidik pada Madrasah di lingkungan Yayasan Al-Khairaat Kota Gorontalo, bertempat di Grand Zanur Hotel, Selasa (14/2/2023).

Pada kesempatan tersebut turut hadir diantaranya; Kasi Pendma Kemenag Kota Gorontalo, Yayasan Al-Khairaat Kota Gorontalo, para kepala madrasah di yayasan al-khairaat, serta tenaga pendidik yang mengikuti bimtek.

Selaku kepala kantor, Misnwaty mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh sivitas al-khairaat kota Gorontalo telah melaksanakan kegiatan tersebut. Giat tersebut sebutnya, sudah sangat baik dilaksanakan dengan tujuan yang baik dalam rangka meningkatkan mutu kualitas tenaga pendidik dan juga sebagai langkah mendukung kebijakan pemerintah dalam implementasi kurikulum merdeka.

“Pada sambutan yang disampaikan oleh Menteri Agama kita, bahwa dalam menghadapi era ini pelayanan telah bertransformasi ke arah digitalisasi dan ini telah menjadi suatu keniscayaan dimasa kini,” terangnya.

Olehnya dalam pelaksanaan penyusunan perangkat pembelajaran dalam semangat Impelementasi Kurikulum Merdeka (IKM) para tenaga pendidik diharapkan dapat mewujudkan transformasi digital pada kehidupan sehari-hari di madrasah.

Adapun Kurikulum Madrasah sambungnya, tidak boleh hanya fokus kepada pengetahuan apa yang harus dikuasai peserta didik, namun lebih penting adalah membekali peserta didik kompetensi, sikap, keterampilan hidup, dan cara berpikir-bersikap untuk mengantisipasi dan menyikapi situasi yang selalu berubah.

Guru sebagai garda terdepan dalam mengimplementasikan kurikulum tidak boleh terjebak menjadikan peserta didik sebagai penampung ilmu pengetahuan belaka. Guru sambungnya, harus fokus kepada pembentukan karakter peserta didik, membekali kompetensi abad-21 dan keterampilan hidup dengan cara yang lebih kreatif sesuai kebutuhan peserta didik di eranya.

“Semoga apa yang telah didapatkan pada pelaksanaan bimtek ini dapat diterapkan pada madrasah sehingga tujuan kita bersama dapat tercapai dan madrasah juga bisa lebih baik lagi,” tuturnya.

Dirinya turut mengimbau kepada seluruh komponen madrasah untuk bergotong royong secara bersama-sama memaksimalkan ikhtiar dan mengoptimalkan perannya demi memberi layanan pendidikan yang bermutu, relevan dan berdaya saing.

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Fadhil Hadju
Penulis:
Fadhil Hadju
Fotografer:
Novantri Podu

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -