Berita

Kakankemenag Buka Bimtek Digitalisasi Data Layanan KUA

Minggu, 6 November 2022 17:03 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo (kemenag.go.id) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Gorontalo, Misnawaty S. Nuna hadiri sekaligus membuka secara langsung giat Bimbingan Teknis (Bimtek) Digitalisasi Data Layanan Kantor Urusan Agama (KUA), di Eljie Hotel Kota Gorontalo, Sabtu (5/11/2022).

Turut hadir pada giat tersebut Plt. Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Gorontalo, Abdulrahman Yusuf, kepala-kepala KUA di Kota Gorontalo, petugas PTSP dan operator di Kantor Urusan Agama (KUA).

Dalam sambutannya, Misnawaty menyampaikan bahwa di tahun 2022 ini, Kementerian Agama Republik Indonesia telah menghadirkan tagline layanan Transformasi Layanan Umat, maka sudah benar pelaksanaan Bimtek Digitaliasi Data Layanan di KUA Kota Gorontalo.

“Kita harus berinovasi dalam pelayanan, peningkatan layanan perlu dilakukan dalam hal ini digitalisasi yang bertujuan untuk mempersingkat dan mengefisienkan layanan yang ada,” ucap Misnawaty.

Lebih lanjut Misnawaty menjelaskan, digitalisasi layanan telah dilaksanakan pihaknya namun belum secara maksimal. Dalam hal ini, beberapa penggunaan aplikasi layanan digital secara bertahap mulai dijalankan seperti SIMKAH (Sistem Informasi dan Manajemen Nikah).

“Kita di Kota Gorontalo punya layanan AKADJI yang merupakan internalisasi kearifan lokal ke dalam layanan yang ada. Dan aplikasi ini telah digunakan di seluruh KUA di Kota Gorontalo,” imbuhnya.

Selain pelayanan digital AKADJI, di KUA juga memiliki layanan digital seperti SIMAS (sistem informasi masjid), yang bertujuan untuk mendata masjid. Dimana, dalam rangka meningkatkan layanan kepada masyarakat pihaknya bekerjasama dengan Litbang Keagamaan Makassar telah membuat Peta Moderasi Beragama yang di dalamnya ada data masjid.

“Selain itu kita masih punya banyak lagi aplikasi ataupun layanan digital yang ada di KUA. Kita harapkan, melalui Bimtek ini para petugas di PTSP dan juga para operator di KUA menjadi lebih terlatih dan meningkat keahliannya dalam mengelola layanan digital yang ada,” tandasnya.  

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Fadhil Hadju
Penulis:
Fadhil Hadju
Fotografer:
Novantri Podu

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -