Berita

Kakankemenag Buka Secara Langsung MGBK MTS se-Provinsi Gorontalo

Kamis, 1 Desember 2022 14:18 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo (kemenag.go.id) – Kakankemenag Kota Gorontalo, Misnawaty S. Nuna membuka secara langsung Musyawarath Guru Bimbingan Konseling (MGBK) MTS se-Provinsi Gorontalo, di Aula PLHUT, Kamis (1/12/2022).

Pada sambutannya, Misnawaty sampaikan Wujud nyata guru BK profesional adalah kemampuan untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi Bimbingan dan Konseling di sekolah/madrasah yang meliputi 17 aspek kompetensi sesuai dengan Permendiksnas RI nomor 27 tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

“Kegiatan MGBK ini memiliki peran pada kompetensi kepribadian subjek yang ditandai dari kemampuan subjek memahami manfaat dari kegiatan MGBK, dan mampu memahami kelebihan dan kekurangan MGBK,” ucapnya.

Keberadaan peran dan fungsi guru sebutnya, merupakan salah satu faktor yang sangat siginifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik dijalur pendidikan formal maupun informal.

“Oleh sebab itu, dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaksakan dari berbagai hal yang berkait dengan eksistensi guru itu sendiri,” ungkapnya.

Adanya Komunitas MGBK tersebut sebutnya sangat dibutuhkan sebagai sarana untuk menempa dan meningkatkan kompetensi para Guru BK.

“Kegiatan MGBK berupa peningkatan pengetahuan dan penguasaan keterampilan terkait bagaimana melaksanakan layanan bimbingan dan konseling,” imbuhnya.

Dirinya berharap kegiatan tersebut dapat mengembangkan kompetensi profesional guru Bimbingan Konseling pada Madrasah Tsanawiyah di Provinsi Gorontalo.

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Fadhil Hadju
Penulis:
Fadhil Hadju
Fotografer:
Novantri Podu

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -