Berita

Kakankemenag Hadiri dan Buka Giat Wisuda Rumah Tahfidz Khairu Ummah

Senin, 19 Desember 2022 10:50 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo (kemenag.go.id) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Gorontalo, Misnwaty S. Nuna hadiri sekaligus membuka giat wisuda rumah tahfidz Khairu Ummah Kota Gorontalo, di Aula Kantor DPRD Kota Gorontalo, Minggu (18/12/2022).

Pada giat tersebut turut hadir, Ketua MUI Provinsi Gorontalo, Ketua Yayasan Ahsanul amala, Pengasuh Rumah Tahfidz Khairu umah, Para Astatidz astatidzah, serta Para orangtua santri.

Dalam sambutannya, Misnawaty sampaikan program tahfidz adalah program menghafal Al-Qur'an yang memungkinkan pembentukan keterampilan, pengetahuan, dan sikap secara maksimal dalam menghafal Al-Qur'an.Kegiatan rutin harian meliputi; persiapan (isti'dad), mengulang hafalan (muraja'ah), setoran hafalan (ziyadah).

“Program Tahfidz adalah suatu kegiatan akademis dan praktis yang lebih memfokuskan pada bidang menghafal Al-Qur'an. Program Tahfidz lebih menekankan pada pemahaman dan penguasaan menyeluruh terhadap cara menghafal Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan Ilmu Tajwid,” ucapnya.

Misnawaty juga mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan/wisudawati yang telah diwisuda. Ilmu Al-Qur’an yang didapatkan para santri, sebutnya untuk selalu diamalkan didalam kehidupan sehari-hari. Jadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup selaku umat islam.

Dirinya turut mengimbau untuk tetap semangat dalam belajar Al-Qur’an, dan hafalan yang sudah ada untuk selalu diulang-ulang, selalu muraja’ah agar hafalan kita tidak hilang.

“TPQ merupakan pendidikan non formal yang bertujuan agar peserta didik atau santri mampu membaca, menulis, menghafal dan mengamalkan kandungan isi Al-Qur’an,”

Tak lupa satu-satunya Kakankemenag perempuan se provinsi Gorontali itu turut mengapresiasi atas diselenggarakannya wisuda santri tersebut, dengan harapan semoga dengan wisuda santri kepada TPQ (taman pengajian quan) di harapkan mampu melahirkan wisudawan dan wisudawati untuk mewujudkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Fadhil Hadju
Penulis:
Fadhil Hadju
Fotografer:
Novantri Podu

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -