Berita

Kakankemenag Kota Gorontalo Hadiri Natal Oikumene Umat Kristiani Bersama Pemkot

Kamis, 22 Desember 2022 04:19 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo (kemenag.go.id) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Gorontalo, Misnawaty S. Nuna hadiri Natal Oikumene umat Kristiani bersama Pemerintah Kota Gorontalo, di Grand Palace Convention Centre, Selasa (20/12/2022).

Turut hadir pada acara tersebut, Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo, unsur Forkopimda dan berbagai tokoh agama lainnya.

Misnawaty mendapat kesempatan memberikan sambutan pada acara tersebut. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa, selaku pemerintah sebagai salah satu kementerian yang tergerak dalam bidang keagamaan menyambut baik undangan ini sebagai wujud dari moderasi beragama.

Gerakan Oikumene sebutnya, adalah gerakan pemersatu bagi gereja-gereja dengan berbagai latar belakang dominasi, tetapi juga gerakan oikumene adalah gerakan yang beregrak dari bawah ke atas dan juga dari atas ke bawah.

“Oikumene memiki dua arti yang saling terkait. Pertama, sesuai arti harfiahnya, ialah Rumah Kedaiaman. Kedua, maknanya adalah Dunia Yang Dihuni Manusia. Jadi gerakan Oikumene adalah gerakan untuk menjadikan dunia ini sebuah rumah hunian bagi manusia sebagai sebuah keluarga besar,” jelasnya.

Selain itu, Satu-satunya Kakankemenag perempuan di provinisi Gorontalo itu sampaikan, Oikumene adalah gerakan yang peduli pada relasi-relasi antar denominasi gereja antara agama kristen dengan agama-agama lain, ideologi bahkan tentang lingkungan hidup dan seluruh ciptaan Allah.

“Dari beberapa pengertian tadi, dapat ditarik benang merah, bahwa di dalam agama Kristen ada sebuah konsep yang merupakan solusi untuk para pemeluknya dalam menyikapi adanya pluralisme agama, yaitu gerakan Oikumene,” sebutnya.

Adapun pencanangan Tahun Toleransi 2022 oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, sahutnya merupakan momentum penting untuk konsolidasi budaya dan merekatkan serta menguatkan kembali pentingnya toleransi di negeri kita.

Gerakan Oikumene tambahnya, tidak boleh tergerus oleh waktu dan zaman, karena oikumene adalah salah satu bentuk dari Moderasi Beragama.

“Kami selaku pemerintah dan mewakili Kementerian Agama Kota Gorontalo, mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru buat seluruh saudaraku umat Kristiani yang berada di Kota Gorontalo,” ucapnya.  

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Fadhil Hadju
Penulis:
Fadhil Hadju
Fotografer:
Novantri Podu

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -