Berita

Kakankemenag Membuka Secara Resmi Asesmen Madrasah Tingkat MI di Lingkungan Kota Gorontalo

Rabu, 3 Mei 2023 17:11 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo (kemenag.go.id) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Gorontalo, Misnawaty S. Nuna membuka secara resmi Asesmen Madrasah (AM) tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Lingkungan Kota Gorontalo, bertempat di MIN 1 Kota Gorontalo, Selasa (2/5/2023). 

Asesmen Madrasah atau Ujian Madrasah adalah asesmen sumatif yang dilaksanakan kepada peserta didik kelas akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

Asesmen Madrasah (AM) mencakup seluruh mata pelajaran (mapel) yang diajarkan di kelas akhir pada madrasah, baik kelompok mata pelajaran wajib (nasional) maupun muatan lokal.

Asesmen Madrasah diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada MI, MTs, MA, MAK sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. 

Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada madrasah untuk menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan (SKL) bagi peserta didiknya.

Pada sambutannya, Misnawaty memberi semangat kepada para peserta didik yang mengikuti AM. Tak lupa ia juga menyampaikan agar dalam mengisi jawaban pada test dengan serius dan penuh konsentrasi. 

"Asesmen madrasah ini merupakan sebuah test yang akan mengukur pengetahuan peserta didik sekalian selama menempuh pendidikan," ujar Misnawaty. 

Tak lupa, satu-satunya kakankemenag perempuan di Provinsi Gorontalo itu mengimbau kepada sivitas  MIN 1 Kota Gorontalo terutama pengawas ruangan untuk disiplin dalam mengawasi peserta didik saat ujian. 

"Para pengawas juga harus disiplin dalam mengawasi peserta didik ujian," ucapnya. 

Dirinya berharap pada asesmen tahun ini para peserta didik menghadapinya dengan lancar, tidak ada hambatan yang berarti sehingga hasil yang maksimal dapat dicapai. 

"Kepada anak-anak sekalian jangan lupa terus belajar dimasa yang akan datang, sehingga cita-cita yang diimpikan bisa tercapai," tandasnya. 

Diketahui, pelaksanaan asesmen madrasah berlangsung dari tanggal 2 s.d 8 Mei 2023 di seluruh madrasah tingkat MI. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Nadjamudin M.K Ibrahim beserta tim.

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Fadhil Hadju
Penulis:
Fadhil Hadju
Fotografer:
Novantri Podu

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -