Berita

Kakankemenag Sambut Kakanwil Baru dengan tradisi Aliyau

Selasa, 25 Oktober 2022 16:04 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo (kemenag.go.id) - Kepala Kantor Kementerian Agama(Kakankemenag) Kota Gorontalo, Misnawaty S. Nuna sambut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Gorontalo, M. Muflih B. Fattah dengan adat Aliyau, di Kantor Kemenag Kota Gorontalo, Selasa (25/10/2022). 

Tradisi Aliyau dilaksanakan mengiringi Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo dengan atraksi Longgo. Kakankemenag Kota Gorontalo, Misnawaty S. Nuna ungkapkan, kepala kantor wilayah baru pertama menginjakan kaki di bumi serambi madinah sehingganya pihaknya menyambut dengan tradisi. 

"Kami selaku kepala kantor ingin menyambut dengan hangat Kakanwil baru dan mengenalkan adat istiadat Gorontalo. Adat kebiasaan di Gorontalo ini dilaksanakan bagi barang siapa yang baru datang dan disambut secara adat antara lain dengan cara diiringi dengan longgo," jelas Misnawaty. 

Satu-satunya Kakankemenag Perempuan di Gorontalo itu menjelaskan, longgo adalah seni silat ala Gorontalo yang seringkali ditampilkan menyambut pejabat. 

"Tradisi menyambut Kakanwil ini kami lakukan dengan maksud agar jalan kakanwil menuju tempat tugas yang baru yakni di Gorontalo senantiasa bebas dari halangan yang berarti," sebutnya. 

Melalui kedatangan pertama kali tersebut, Misnawaty berharap segala tugas yang dilakukan oleh Kakanwil berjalan dengan baik sebagaimana yang diinginkan.

Editor:
Fadhil Hadju
Penulis:
Fadhil Hadju
Fotografer:
Novantri Podu

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -