Berita

Kukuhkan Pengurus BKM Kecamatan, Misnawaty : Masjid Tidak Digunakan Tempat Politik Praktis

Selasa, 12 September 2023 19:27 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo (kemenag.go.id) - Kakankemenag Kota Gorontalo, Misnawaty S. Nuna mengimbau kepada pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kecamatan se Kota Gorontalo agar tidak menggunakan masjid sebagai tempat untuk berpolitik praktis.

"Tugas BKM Kecamatan membentuk BKM kelurahan. Komunikasi kita bangun bersama, dengan aparat kementerian agama. Dan mengingatkan regulasi terkait dengan dewan masjid. Dimana setiap masjid tidak digunakan sebagai tempat politik praktis, sesuai imbauan dari Menteri Agama kita," tandas Misnawaty yang juga Ketua BKM Kota Gorontalo saat melantik BKM Kecamatan Se Kota Gorontalo 2023-2027, di Aula Syuaib Bobihu, Selasa (12/9/2023).

Selain itu, dirinya juga mengingatkan agar perpustakaan masjid yang ada di Kota Gorontalo untuk di digitalisasi.

"Tugas Badan Kesejahteraan Masjid diantaranya, melaksanakan bantuan pembangunan sarana dan prasana masjid salah satunya seperti perpustakaan masjid ini telah lama diharapkan bisa lebih dikembangkan seperti bisa dibuatkan dalam bentuk perpustakaan digital," pungkas Misnawaty.

Misnawaty mengatakan bahwa, BKM adalah lembaga yang dibentuk Kemenag dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi masjid sebagai sarana tempat ibadah dan sarana pembinaan umat di Indonesia.

"Dalam menjalankan peran dan fungsinya BKM melakukan advokasi dan kerjasama dalam melakukan tugas pengawalan aset masjid. Melakukan koordinasi dalam rangka meningkatkan peran masjid dimana melakukan pencerahan umat," terangnya.

Tak lupa, dirinya mengaturkan apresiasi kepada semua pihak diantaranya, seksi bimas islam, kepala KUA yang berkolaborasi dengan semua pihak di kecamatan sehingga terbentuk kepengurusan di tingkat kecamatan.

"Kegiatan ini dimaksudkan mengetahui tugas maupun visi dan misi BKM," pungkasnya.

Selain itu Misnawaty mengungkapkan tiga isu yang akan dibawa nantinya pada rakernas BKM nasional diantaranya: masjid yang tidak dikelola secara profesional, penguatan aspek moderasi beragama, dan pelestarian kearifan lokal.

"Semoga BKM kecamatan ini akan lebih meningkatkan peran dan fungsi masjid sebagai tempat ibadah dan sarana untuk umat islam di Kota Gorontalo," harapnya.

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Fadhil Hadju
Penulis:
Fadhil Hadju
Fotografer:
Fadhil Hadju

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -