Berita

Launching Kampung Moderasi di Kelurahan Biawao Kecamatan Kota Selatan

Kamis, 27 Juli 2023 04:59 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo (kemenag.go.id) – Kementerian Agama Kota Gorontalo melalui Seksi Bimas Islam laksanakan Launching Kampung Moderasi Beragama (KMB) di Kelurahan Biawato, Kecamatan Kota Selatan yang diinisiasi oleh Kemenag RI secara serentak di 1000 titik seluruh Indonesia, Rabu (26/7/2023).

Pada launching KMB tersebut turut hadir diantaranya: Wakil Walikota Gorontalo, Rian F. Kono. Kakanwil diwakili Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Gorontalo, Asrul Lasapa. Dandim 1304. Pihak Polres Gorontalo Kota. Ketua FKUB Kota Gorontalo. Ketua MUI Kota Gorontalo. Pengurus Pokja Moderasi Beragama Kota Gorontalo. Camat Kota Selatan. Kepal KUA Kota Selatan. Juga hadir peserta launching Kampung Moderasi Beragama. Di Klenteng, Rabu (26/7/2023).

Pada kesempatan tersebut, Kasi Bimas Islam Salman Haji Ali menyebut bahwa, launching yang dilaksanakan tersebut bertempat di Kelurahan Biawao, Kec. Kota Selatan dan Kelurahan Tenda, Kec. Hulonthtalangi sebagai kampung moderasi. Penetapan tersebut dilakukan sejak 1 Maret sampai 20 Juni 2023. Yaitu pelaksanaan pendataan, verifikasi dan penilaian.

Pada tanggal 15 Juli 2023 sebutnya, penetapan perwakilan Kampung Moderasi Beragama Kota Gorontalo melalui Pokja Moderasi Beragama pada dua kelurahan tersebut dilakukan. Dimana, dua kelurahan tersebut yang akan mewakili Kota Gorontalo pada tingkat nasional.

“Kami nilai kedua kelurahan ini karena memiliki keberagaman dan toleransi sangat kuat,” ucap Salman.

 Mewakili Kakankemenag dan Pokja Moderasi Beragama Kota Gorontalo, dirinya mengajak kepada masyarakat dan juga unsur terkait untuk mendukung dua kampung tersebut sebagai kampung moderasi beraga yang memiliki toleransi yang kuat.

“Setelah dilauncing hari ini kiranya mendapat dukungan oleh Pemda Kota Gorontalo. Yakni dalam hal kegiatan toleransi diperkuat lagi agar kerukunan dan toleransi tetap dipertahankan,” pungkasnya.

Di temat yang sama, Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Asrul Lasapa mengungkapkan,  pada hari tersebut di seluruh Indonesia di 1000 titik dilauncing oleh Menteri Agama secara Hibrid melalui Zoom Launcing kampung moderasi beragama. DI Provinsi Gorontalo ada 12 kampung moderasi. 2 diantaranya di Kota Gorontalo. Yakni kelurahan biawao dan tenda.

Kampung Moderasi Beragama tersebut sambungnya, adalah program nasional dalam rangka memelihara persatuan dan kesatuan bangsa yang secara geografis maupun demografi berpotensi berpecah belah ketika tidak diatur sebaik-baiknya. Sehingga dalam mengelola keragaman budaya, etnis, suku dan agama makanya dijalin kebersamaan salah satunya melalui kampung moderasi.

“Upaya untuk menjadikan moderasi beragama berbasis kampung karena bisa jadi konflik muncul dari kampung-kampung. Persoalannya kecil tapi melibatkan agama, sehingga persoalannya menjadi besar,” terang Asrul.

Oleh sebab itu sebut Asrul, melalui Launcing Kampung Moderasi Beragama itu dapati dibina persatuan dan kesatuan melalui empat prinsip moderasi beragama.

Launcing kampung moderasi digemakan di Kelurahan Tenda Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo dengan memukul rebana secara bersama-sama oleh pihak terkait.

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Fadhil Hadju
Penulis:
Fadhil Hadju
Fotografer:
Novantri Podu

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -