Berita

Misnawaty Paparkan Sejumlah Laporan Kinerja Pada Rakerwil 2024

Kamis, 25 April 2024 17:38 WIB
  • Share this on:

KOTA GORONTALO - Kakankemenag Kota Gorontalo Misnawaty S. Nuna, memaparkan sejumlah Rencana Program Kerja, Strategi Percepatan Program 2024, Capaian Kinerja dan Evaluasi Anggaran 2023, Serta Rencana Program 2025 pada Rakerwil Kementerian Agama tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2024, di Gedung El-Hajj Asrama Haji Gorontalo, Kamis (25/4/2024).

 

Turut hadir pada pemaparan Kabag TU Mahmud Y. Bobihu beserta jajaran, Kakankemenag kabupaten se-Provinsi Gorontalo, kepala madrasah negeri dan kepala KUA se-Provinsi Gorontalo. 

 

Pada pemaparannya, Misnawaty menjelaskan tentang evaluasi kinerja dan anggaran tahun 2023. Dimana, realisasi anggaran mencapai 99,46%. Kemudian nilai kinerja anggaran tahun 2023 mencapai 98,45%. 

Sebut Misnawaty, penilaian kinerja anggaran ini merupakan gabungan nilai dari evaluasi kinerja anggaran dari aplikasi SMART 60%, dan nilai indikator kinerja pelaksanaan anggaran dari aplikasi OM-SPAN dengan bobot 40%. 

 

“Di tahun 2023 kemarin kami mengikuti penilaian mandiri zona integritas menuju wilayah bebas korupsi, dimana melalui hasil penilaian mandiri PMPZI dan penilaian pendahuluan internal, Kantor Kemenag Kota Gorontalo menjadi salah satu satker yang lolos untuk penilaian selanjutnya menuju Wilayah Bebas Korupsi,” terang Misnawaty. 

 

Kemudian disambung dengan penjelasan Strategi Percepatan Program 2024. Dalam hal ini, ada 6 langkah strategi pencapaian target Kemenag Kota Gorontalo dalam menanggulangi area kelemahan kinerja seperti: Meningkatkan efisiensi dan efektivitas tata kelola manajemen; Menyiapkan satuan kerja Wilayah Bebas Korupsi dan/atau Wilayah Birokrasi Bersih Melayani; Mendorong percepatan dan penyelesaian izin rumah ibadah yang bermasalah; Mendorong percepatan sertifikasi dan ruislag tanah wakaf; Mendukung implementasi penyelenggaraan jaminan produk halal dan gerakan nasional mandatori halal 2024; dan Mendorong realisasi anggaran yang cepat, tepat dan akuntabel. 

 

Adapun langkah-langkah Pelaksanaan Anggaran tahun 2024 dilakukan dengan cara; Optimalisasi Penganggaran, Percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa, Percepatan Pelaksanaan Program Kegiatan/Proyek. 

 

“Kami juga di Kemenag Kota Gorontalo telah mengembangkan Superapps Tolopani All in One yang telah terintegrasi dengan SIPPN, kemudian telah memantapkan manajemen cuti pegawai, dan akses digital bank data pegawai,” sebutnya. 

 

Diakhir Misnawaty menjelaskan Rencana Program Tahun 2025. Dirinya menerangkan Uraian Klasifikasi Rincian Output yakni: Pembinaan Kerukunan Hidup Umat Beragama; Pengelolaan KUA dan Pembinaan Keluarga Sakinah; Pengelolaan dan Pembinaan Penerangan Agama Islam; Pembinaan dan Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syari’ah; Pengelolaan dan Pembinaan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf; Pembinaan Umrah dan Haji Khusus; Pelayanan Haji Dalam Negeri; Pembinaan Haji; Pengelolaan dan Pembinaan Pendidikan Madrasah; Pembinaan Administrasi Kepegawaian; Pembinaan Administrasi Keuangan dan BMN; Pembinaan Organisasi dan Tata Laksana; Pembinaan Administrasi Perencanaan; Pembinaan Administrasi Umum; Dukungan Layanan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Lainnya Bimas Islam; Dukungan Manajemen Pendidikan; Dukungan Manajemen Pendidikan dan Pelayanan Tugas Teknis Lainnya Pendidikan Islam; Dukungan Manajemen Pendidikan dan Pelayanan Tugas Teknis Lainnya Penyelenggaraan Haji dan Umrah. 

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Zainudin Wagafir
Penulis:
Fadhil Hadju
Fotografer:
Zainudin Wagafir

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -