Berita

Optimalisasi Layanan Pada Jajaran Madrasah dan KUA di Lingkungan Kemenag Kota Gorontalo

Kamis, 14 September 2023 10:56 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo (kemenag.go.id) – Jajaran Madrasah dan Kantor Urusan Agama di Lingkungan Kemenag Kota Gorontalo hadir pada giat Optimalisasi Layanan terkait pembangunan PPID pembantu, di Aula Syuaib Bobihu Kemenag Kota Gorontalo, Selasa (12/9/2023).

Pada giat tersebut turut hadir diantaranya; Ketua PPID Kemenag Kota, Abdulqohar Salilama yang juga Penyelenggara Zakat dan Wakaf. Tim 3 Pembangunan Zona Integritas, Arfan Djaini, yang juga Kasie PD Pontren.

Optimalisasi layanan itu juga dihadiri Kakankemenag Kota Gorontalo, Misnawaty S. Nuna yang juga Atasan PPID Kemenag Kota Gorontalo. Sebut Misnawaty kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka sosialisasi PPID dan Optimalisasi Layanan menuju Pembangunan Zona Integritas.

“PPID ini berfungsi untuk memberikan layanan informasi kepada masyarakat. Jenis informasinya ada beberapa jenis. Ada informasi disedikan secara berkala, insidentil, dan dikecualikan,” terang Misnawaty.

Sebelumnya, dirinya mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan kunjungan ke Komisi Informasi Daerah terkait pembangunan PPID di Kemenag Kota Gorontalo.

Hasil pertemuan tersebut menerangkan bahwa dalam PPID instansi vertikal seperti Kementerian Agama yang menaungi satuan kerja di bawahnya harus memiliki PPID pembantu. Sebutnya, Kantor Urusan Agama (KUA) dan Madrasah adalah PPID pembantu.

“Kedepannya kita akan buatkan Surat Keputusan PPID pembantu di KUA dan Madrasah yang ada di lingkungan Kemenag Kota Gorontalo,” sebutnya.

Tugas yang akan dilaksanakan KUA berkaitan layanan nikah dan program lainnya bisa disampaikan melalui PPID.  Adapun informasi yang terkait diantaranya; kegiatan di KUA, informasi penting lainnya yang berhak masyarakat dapatkan.

“Dan juga dari madrasah bisa menyampaikan informasinya. Hal ini selain sebagai informasi di PPID, tapi juga sebagai bahan untuk pembangunan zona integritas,” ucapnya.

Untuk mengoptimalisasi layanan PPID tersebut pihaknya telah membuatkan aplikasi all one  yang didalamnya ada layanan menu layanan Mosikola untuk madrasah. Informasi madrasah bisa diakses langsung melalui menu tersebut.

“Untuk KUA ada layanan Akadji. Dimana KUA bisa menyalurkan informasi kegiatan dan informasi lainnya bisa ditampilkan di aplikasi tolopani all in one melalui menu akadji,”

Dirinya berharap agar pihak KUA dan Madrasah bisa mendukung terwujudnya PPID Kemenag Kota Gorontalo dan juga mendukung pembangunan zona integritas.

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Fadhil Hadju
Penulis:
Fadhil Hadju
Fotografer:
Novantri Podu

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -