Berita

Pembukaan Manasik Haji 1444 H, Misnawaty : Jemaah yang Muda Siap Membantu yang Lansia

Jumat, 12 Mei 2023 05:02 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo (kemenag.go.id) – Kakankemenag Kota Gorontalo, Misnawaty S. Nuna memberi sambutan pada Pembukaan Manasik Haji 1444 H tingkat Kota Gorontalo dan menyampaikan kepada jemaah haji yang muda untuk siap membantu jemaah yang lansia.

“Perlu diingat bahwa, pelaksanaan haji banyak yang lansia sehingga yang muda siap untuk membantu jemaah lansia yang akan bersama dengan kita,” ucap Misnawaty pada pembukaan Manasik Haji 1444 H di Aula El-Hajj Asrama Haji Provinsi Gorontalo, Kamis (11/5/2023). Diketahui, Moto pelaksanaan haji ditahun 1444 H / 2023 M ini yakni Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia.

Sebelumnya, Misnawaty sampaikan bahwa pelaksanaan bimbingan manasik haji dilaksanakan tingkat kota Gorontalo akan berlangsung dari tanggal 11 sampai 20 Mei 2023.

“Pelaksanaan bimbingan manasik ini akan dilanjutkan pada tingkat kecamatan masing-masing, sehingga disiapkan fisik dan juga dijaga kesehatannya,” sebut Misnawaty.

Adapun jumlah jemaah haji Kota Gorontalo yakni, 468 orang. Sejumlah 415 jemaah reguler dan 46 cadangan. Dan juga terdapat 94 orang jemaah yang belum melakukan pelunasan. Sehingga, sebutnya terdapat kemungkinan besar jemaah yang cadangan akan berangkat haji.

“Terdapat delapan orang jemaah prioritas lansia. Meninggal dunia sebelas, dan berniat menunda tigapuluh dua. Sehingga jumlah melunasi tiga ratus tujuh puluh dua (372),” jelasnya.

Satu-satunya Kakankemenag perempuan di Provinsi Gorontalo itu turut menambahkan bahwa, tujuan kegiatan ini adalah, diharapkan peserta dapat melaksanakan ibadah haji secara mandiri, serta memiliki sikap kepribadian yang tangguh sehingga tercapai haji yang mabrur.

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Fadhil Hadju
Penulis:
Fadhil Hadju
Fotografer:
Novantri Podu

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -