Berita

Penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja di Lingkungan Kemenag Kota Gorontalo

Sabtu, 14 Januari 2023 19:24 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo (kemenag.go.id) – Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo laksanakan Penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja, di Aula PLHUT, Jumat (13/1/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Kakankemenag Kota Gorontalo Misnawaty S. Nuna, Kasubbag TU, para kepala seksi di Kemenag Kota Gorontalo, para Kepala KUA se Kota Gorontalo, Kepala MIN 1, MTsN 1 dan MAN 1 Kota Gorontalo.

Setelah pelaksanaan Penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja yang dilaksanakan oleh kepala KUA dan madrasah se Kota Gorontalo, Misnawaty menyampaikan arahannya. Sebutnya, Perjanjian Kinerja adalah lembar atau dokumen yang berisikan penugasan dari pimpinan instansi yang lebih tinggi kepada pimpinan instansi yang lebih rendah untuk melaksanakan program atau kegiatan yang disertai dengan indikator kinerja.

Melalui Perjanjian Kinerja sebutnya, terwujudlah komitmen penerima amanah dan kesepakatan antara penerima dan pemberi amanah atas kinerja terukur, tertentu, berdasarkan tugas, fungsi, dan wewenang serta sumber daya yang tersedia.

Kinerja yang disepakati tidak dibatasi pada kinerja yang dihasilkan atas kegiatan tahun bersangkutan, tetapi termasuk kinerja (outcome) yang seharusnya terwujud akibat kegiatan tahun-tahun sebelumnya.

“Dengan demikian target kinerja yang diperjanjikan juga mencakup outcome yang dihasilkan dari kegiatan tahun-tahun sebelumnya, sehingga terwujud kesinambungan kinerja setiap tahunnya,” ucapnya.

Mengenai Pakta Integritas Misnawaty menjelaskan, adalah pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja merupakan agenda setiap awal tahun untuk mengingatkan dan mempertegas kembali janji atau komitmen dalam melaksanakan tugas, menjaga integritas, dan tanggung jawab dalam pencapaian kinerja penandatangan.

Pakta Integritas tersebut, sambung Misnawaty sesuai tujuannya adalah mewujudkan birokrasi bersih dan melayani serta bebas dari korupsi dengan berorientasi pelayanan prima.

Perjanjian kinerja merupakan dokumen yang berisikan penugasan dari pimpinan yang lebih tinggi ke bawahannya untuk melaksanakan program yang telah disusun disertai indikator kinerja, sehingga akan terwujud dan terukur tugas, fungsi dan wewenang dari SDM yang tersedia.

“Dokumen pakta integritas, berisi janji pegawai untuk komit melaksanakan tugas fungsi, bertanggung jawab dan berperan sesuai peraturan perundang-undangan. Selain itu terdapat kesanggupan untuk tidak korupsi, kolusi, dan nepotisme,” tands satu-satunya Kakankemenag perempuan di Provinsi Gorontalo itu.

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Fadhil Hadju
Penulis:
Fadhil Hadju
Fotografer:
Novantri Podu

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -