Berita

Penyelenggara Zawa Beri Materi Pada Sosialisasi Optimalisasi Pengumpulan Zakat di Lingkungan Kodim 1304

Rabu, 31 Mei 2023 07:47 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo (kemenag.go.id) - Mewakili Kakankemenag Kota Gorontalo, Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Zawa), Abdulqohar Salilama beri materi terkait zakat pada giat Sosialisasi Optimalisasi Pengumpulan Zakat di Lingkungan Kodim 1304 Kota Gorontalo, Selasa (30/5/2023).

Pada kesempatan tersebut turut hadir diantaranya;  Dandim 1304 Kota Gorontalo beserta anggota, perwakilan Pemerintah Kota Gorontalo, dan Baznas Kota Gorontalo.

Dalam materi yang disampaikan, Abdulqohar mengatakan ditinjau dalam al-quran zakat maal, infaq dan sadaqah adalah wajib.

"Terkait zakat ini seperti ibadah wajib semua harus sesuai syariat. Ada aturan besarannya. Namun berbeda dengan infaq bisa diberikan sebesar-besarnya," sebut Abdulqohar.

Berzakat tidak hanya akan bermanfaat bagi diri sendiri. Menurutnya, dengan berzakat akan bemanfaat untuk keluarga juga.

"Zakat profesi adalah suatu ijtihad dari ulama kontemporer. Saat ini kan ada namanya gaji. Ini diqiyaskan seperti panen. Jadi dipotonglah tiap orang yang mempunyai gaji," ucapnya.

Abdulqohar menjelaskan bahwa, pada zaman dulu dimasa nabi Muhammad Saw. zakat dinilai dari harta yang dikumpulkan. Sehingga nabi memerintahkan untuk mengumpulkan zakat bagi orang yang menumpuk harta. Dengan tujuannya, agar orang tidak menumpuk emas bagi diri pribadi.

"Karena ketika disimpan, dalam jangka waktu setahun tidak ada pemberdayaan. Harta tidak mengalir. Dan ini sebenarnya tidak baik menurut islam," tuturnya.

Kebiasaan masyarakat dalam berzakat yakni, seringkali menginfaqan zakat pada satu orang. ketika  melakukan itu yang akan mendapatkan manfaat hanya diraeakan oleh satu orang, tidak ada pemerataan didalamnya.  Sehingga dibutuhkan satu badan untuk itu.

Dan badan untuk pengumpulan zakat sambunganya, yakni Baznas yang telah lahir sesuai regulasi. Jika zakat ini dikelola maka manfaatnya bisa merata berikut pemanfaatan zakatnya.

"Ketika zakat dimanfaatkan dengan baik dan pengumpulannya juga baik, maka kita akan bisa memanfaatkan harta bagi seluruh masyarakat dalam bentuk bantuan sosial yang merata,"tandasnya.

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Fadhil Hadju
Penulis:
Fadhil Hadju
Fotografer:
Novantri Podu

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -