Berita

Peringatan Hari Santri 2023, Misnawaty Pimpin Apel Akbar Bersama Al-Khairaat Kota Gorontalo

Minggu, 22 Oktober 2023 10:46 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo (kemenag.go.ig) – Kakankemenag Kota Gorontalo Pimpin Apel Akbar Peringatan Hari Santri 2023 bersama sivitas Al-Khairaat Kota Gorontalo, di Lapangan Al-Khairaat Kota Gorontalo, Minggu (22/10/2023).

 

Turut hadir diantaranya : Pengawas Madrasah, Lisnawaty Dukalang, serta sivitas keluarga besar Al-Khairaat Kota Gorontalo, Sivitas MIN 1 Kota Gorontalo beserta siswa yang dipimpin oleh Kepala Madrasah, Dolly Hanani dan MI Darul Mubin Kota Gorontalo beserta siswa yang dipimpin kepala madrasah, Nelli Uloli.

 

Pada apel tersebut Misnawaty membacakan sambutan Meneteri Agama Republik Indonesia sebagai berikut. Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden No. 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri.

 

Penetapan tersebut sambungnya, merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 nopember 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

 

“Untuk tahun 2023 ini, 2 peringatan Hari Santri mengangkat Tema Jihad Santri Jayakan Negeri yang kami angkat pada peringatan Hari Santri kali ini, memiliki makna yang mendalam,” ucap Misnawaty membacakan sambutan.

Lebih lanjut Misnawaty membacakan sambutan bahwa, sebagai santri, tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari.

 

“Santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan,” tuturnya.

 

Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, lanjutnya bahwa hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

 

“Saat ini, negara kita menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang kompleks. Di tengah dinamika global yang terus berubah, santri memiliki peran kunci dalam menjaga keutuhan nilai nilai keagamaan dan moral dalam masyarakat,” pungkasnya.

 

Diakhir, Misnawaty membacakan harapan Menteri Agama RI melalui sambutan peringatan Hari Santri yakni, semoga peringatan Hari Santri tahun ini menjadi titik awal bagi semua pihak untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif bagi negeri, agama dan bangsa.

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Fadhil Hadju
Penulis:
Fadhil Hadju
Fotografer:
Novantri Podu

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -