Berita

Qabilah Hizbul Wathan MA. Muhammadiyah Kota Gorontalo Raih 6 Kejuaraan di Jambore Wilayah

Selasa, 21 November 2023 21:27 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo. (Kemenag.go.id) - Minggu (19 November 2023), Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo patut berbangga serta bersyukur, yang mengutus 25 peserta didik dan berpartisipasi mengikuti Jambore Wilayah Hizbul Wathan Muhammadiyah. 

 

Kegiatan Jambore yang bertempat di Universitas Muhammadiyah Gorontalo berlangsung selama 5 hari, dimulai tanggal 14 sd 18 November 2023. 25 qabilah dari seluruh sekolah Muhammadiyah se provinsi Gorontalo dan ratusan pelajar turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut mulai dari tingkat SD/MI, SMP/ MTS, SMA/MA/SMK ikut menjadi peserta perkemahan dan menjadi saksi kebangkitan Hizbul Wathan Gorontalo.

 

Partisipasi MA Muhammadiyah Kota dalam perkemahan jambore bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, keterampilan, kepemimpinan, persatuan dan kesatuan dalam kegiatan kepanduan Hizbul Wathan tingkat penghela.

 

Selain itu, kegiatan tersebut, juga bertujuan agar peserta Jambore saling bersilaturahmi satu dengan lainnya melalui berbagai kegiatan perlombaan dan sebagai syiarnya gerakan kepanduan Hizbul Wathan kepada masyarakat Gorontalo dan daerah sekitarnya. Qobilah MA Muhammadiyah Kota yang terbagi dalam 2 regu berhasil meraih 5 piala dan 1 piagam penghargaan

 

Pembina MA Muhammadiyah Kota, Kasmad Arsyad mengatakan, prestasi ini kami raih atas kerja keras semua pihak dan tim kerja yang handal di MA Muhammadiyah. 

 

“Latihan demi latihan setiap harinya terus kami upayakan demi mendapatkan hasil perolehan juara yang terbaik. Semangat pantang menyerah dan mental juara kami tanamkan kepada anak didik kami,” ucapnya.

 

Dengan adanya 6 Penghargaan yakni juara 1 kategori lomba sandi, juara 1 semaphore, juara 1 morse, juara 2 cerdas cermat dan vokal group dan juara 3  lomba hadang dapat membuktikan hasil dari kerja keras dan semangat mental juara yang dimiliki anak didik kami. 

 

“Kami apresiasi yang setinggi-tingginya kepada peserta didik kami atas kerja keras mereka yang telah membawa nama baik dengan prestasi yang membanggakan bagi MA Muhammadiyah Kota,” pungkasnya lanjut.

 

Siti khasriani, selaku Kepala Madrasah mengungkapkan kegiatan perkemahan jambore wilayah tersebut, merupakan kegiatan edukatif di alam terbuka yang mengedepankan pengembangan diri peserta di bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. 

 

“Apalagi gerakan kepanduan Hizbul Wathan merupakan kegiatan ektrakurikuler wajib di MA Muhammadiyah Kota, dan merupakan keharusan kami mensyiarkan kepanduan Hizbul Wathon kepada masyarakat luas,” tutur Sitti.

 

Perkemahan dan jambore merupakan akumulasi puncak pelatihan dan pembelajaran tentang kepanduan yang diterima dalam kegiatan di masing-masing Qabilah. 

 

“Kepada peserta didik, teruslah berkarya, teruslah berlatih, jangan mudah putus asa, jangan sombong dan jangan mudah puas atas apa yang diraih, masih ada kompetisi hari esok yang harus kalian dapatkan lagi,” tandas Siti.

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Sunarti
Penulis:
Sitti Khasriani
Fotografer:
Safely

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -