Berita

Siswa MAN 1 Kota Gorontalo Sukses Raih Beasiswa Ke Amerika

Sabtu, 28 Januari 2023 18:41 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo (kemenag.go.id)- Inayah Salsabila Umar, salah seorang siswi MAN 1 Kota Gorontalo, sukses peroleh beasiswa penuh pada program Kennedy Lugar Youth Exchange & study. Program  YES (Youth Exchange and Study)  tersebut dilaksanakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya Indonesia  bersama dengan kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. 

Setelah mengikuti rangkaian seleksi yang sangat ketat dan diikuti oleh ratusan pelajar tingkat SMA/MA se-Indonesia, Inayah mampu menunjukkan kemampuannya berbahasa Inggris dan menampilkan bakat minat yang menjadi kriteria penilaian sehingga lolos sampai tingkat Nasional mewakili klaster Makassar. 

Ditemui tim pemberitaan Humas MAN 1 Kota Gorontalo, Jum’at, (27/01/2023), Inayah menjelaskan banyak hal, terutama motivasinya mengikuti program tersebut.

“ Saya tak menyangka bisa lolos sampai mendapatkan  beasiswa penuh pada program YES ini, mengingat persaingan  yang ditampilkan oleh daerah lain berpeluang lolos pada program tersebut. Namun motivasi yang diberikan oleh sivitas MAN 1 Kota Gorontalo, terutama tim guru pengajar Bahasa Inggris dan para mentor yang merekomendasi saya sebagai kandidat, membuat saya yakin lolos pada program YES ini,” jelas Inayah.

Inayah menambahkan dan berharap program YES ditahun tahun berikutnya bisa diikuti oleh siswa-siswi MAN 1 Kota Gorontalo kedepan.

 “Ini untuk kedua kalinya peserta YES dari Gorontalo lolos, setelah senior kami Tiara Megatri Rahman ditahun 2020 ikut program yang sama dan juga lolos beasiswa penuh. Harapan kedepan setelah keikut sertaan kami, akan  ada lagi yang mengikuti program ini dan lolos mewakili MAN 1 Kota Gorontalo,” ujarnya.

Sementara itu kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Gorontalo, Waris Masuara sangat bangga dengan prestasi yang telah ditorehkan oleh Inayah Salsabila Umar. Waris mengapresiasi dengan memberikan penghargaan atas kerja kerasnya membawa nama MAN 1 Kota Gorontalo sampai tingkat International.

“ Alhamdullilah, hanya pada Allah kami bersyukur, karena di awal tahun 2023, satu lagi kabar baik bagi kami, anakda Inayah Salsabila Umar berhasil lolos pada program Youth Exchange Study di Amerika Serikat. Dan dari ratusan kandidat yang ikut anakda lolos beasiswa penuh,” tutur Waris.

Waris menambahkan, “Inayah saat ini sementara mempermantap program ALTIS untuk placement bahasa Inggris guna persiapan keberangkatannya dibulan juli nanti. Saya berharap tradisi belajar ke Amerika oleh siswa-siswi kami ini tidak hanya sampai pada Tiara dan Inayah saja. Tapi jejak perjuangan kedua siswa ini patut jadi contoh bagi siswa-siswi lainnya,” pungkas Waris.

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Fitri
Penulis:
Fitri
Fotografer:
Fitri

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -